‘Penetrating Power’ dalam Bajiquan

Pertama kali saya belajar Bajiquan, saya mengira tenaga yang digunakan adalah tenaga getaran yang menggetarkan tubuh dan membuat luka dalam. Mungkin ada aliran lain yang seperti itu, tetapi tidak begitu halnya dalam Bajiquan aliran kami. Beberapa aliran beladiri menggunakan tenaga getaran untuk memberi dampak merusak secara internal, bukan lebam atau memar seperti kena tinju di muka.

“Penetration power”, adalah sejenis tenaga yg terjadi karena koordinasi badan yg tepat, yang mana tenaga ini sifatnya seperti merambat menembus permukaan merusak objek yang ada dibelakangnya. Sifatnya seperti menembus, tidak merusak objek di depannya, mengalir dengan halus, terlihat bagai “satu sentuhan ringan”. Shifu saya mengatakan ini teknik “rahasia” aliran kami. Tanpa ada ini! belum disebut kita melakukan Kungfu Bajiquan aliran ini.

“Penetration Power” ini ada di setiap gerakan Baji aliran kami. Eksekusinya di akhir gerakan, bentuk tenaga seperti merambat merasuki objek yang menjadi sasaran. Latihannya sangat mudah. Cukup melatih “Side Stretch Punch” (Latihan San Chu Li) yang merupakan dasar dari latihan Baji aliran kami, biasanya kalau dilatih dengan serius “penetration power” bisa dikuasai dalam waktu 3-6 bulan, saya sendiri dibilang lulus (berhasil menguasainya) mendapat pengakuan Shifu setelah 2 bulan, dan diuji.

Pengujiannya sederhana, hanya dengan selembar kertas koran yg dilipat dua. Saya hanya perlu menggerakan “kua” sedikit, dan rahasia “40-60%”. ini juga menguji kekuatan putaran “Kua” kami dan seberapa relaks. Semakin anda bertenaga, semakin anda tidak bisa “melubangi” kertas koran itu. Kata Shifu saya, tenaga yg harusnya merambat melewati tangan kita, terhambat otot, jadi yang meluncur adalah tenaga otot yg berat dan lambat, sehingga akan “menghancurkan” kertas, atau malah “gak bisa melubangi”.

Tidak berlebihan kalau dikatakan “penetration power” ini dapat menembus baju besi sekalipun, karena tenaga ini tidak tertahankan. secara halus merambat, melakukan penetrasi jauh melampaui jarak pandang sasaran.

Ada 2 tipe jenis tenaga ini:

  1. Jarak Pendek
    yaitu hanya dengan menyentuh tangan ke objek (tentunya bukan “sentuhan biasa”)
  2. Jarak panjang
    Teknik serangan dalam jarak pendek, ditambah perenggangan tangan dan proyeksi tenaga ke balik sasaran yang terlihat.

Teorinya sangat mudah (tentunya gak bisa saya paparkan di sini, namanya juga “rahasia”). Tapi gak bisa dicapai tanpa latihan yang rajin dan mengulang-ulang sampai dapat “feel”-nya. Bagi saya cuman masalah “rajin” apa “enggak” saja. Percuma saja anda belajar jurus kalau tidak menguasai dasar ini, jurus anda kosong, anda tidak melakukan Bajiquan, hanya melakukan gerakan-gerakan yang mirip Bajiquan

Shifu saya mengatakan “Satu sentuhan ringan”, namun dapat melumpuhkan lawan dengan fatal!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *